Cara Membuat Tugas Online (Assignment) Pada E-Learning Moodle

Silakan klik pada gambar untuk melihat dalam ukuran besar.
  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke website e-learning STP Reinha dengan akun dosen.
  2. Di halaman dasbor, dosen memilih mata kuliah mana yang ingin dibuatkan tugasnya. Misalnya mata kuliah Pengatar pastoral, maka silakan klik mata kuliah tersebut sehingga halaman mata kuliah akan terbuka seperti di  gambar berikut. Pada halaman itu, klik tanda gir dan pilih turn editing on

  3. Setelah itu klik add an activity or resource. Pilih dimana kita ingin menaruh tugas itu. Misalnya jika ingin menaruh tugas pada bagian bab 1 dan II, maka klik add an activity or resource pada bagian tersebut. (Jika ingin mengubah tulisan bab 1 dan II, silakan klik tanda pinsil disebelah kanan dan rubalah tulisannya lalu tekan enter). Lihat gambar.

  4. Pilih assignment dan klik add

  5. Pada bagian general (1) isikan nama tugas, (2) isikan deskripsi tugas, (3) klik centang untuk menampilkan deskripsi tugas. Jika tidak dicentang maka deskripsi tugas tidak ditampilkan pada halaman matakuliah tetapi hanya ditampilkan pada halaman tugas kuliah ketika kita klik tugas kuliah tersebut, (4) jika deskripsi tugasnya panjang, maka dosen bisa menulis deskripsi tugas pada file word dan diupload ke dalam sistem dengan cara klik tanda add yang ditunjukkan gambar no. 4. Perhatikan gambar.

  6. Langkah selanjutkan pada bagian availability (1) klik centang untuk mengaktifkan pengaturan kapan. Pada deskripsi di atas tanggal pengumpulan tugas terjadi pada 24 Agustus 2020, maka dosen bisa membuka akses pengumpulan pada tanggal 1 Agustus. Artinya mulai 1 Agustus, mahasiswa sudah bisa mulai mengumpulkan tugas online. (2) klik centang untuk mengaktifkan tanggal pengumpulan tugas. Atur sesuai deskripsi di atas yaitu tanggal 24 Agustus 2020 jam 20.00 WITA. (3) jika diaktifkan maka mahasiswa tidak lagi memiliki akses pengumpulan tugas secara online. (4) jika di aktifkan maka sistem akan memperingati dosen pada tanggal yang diatur untuk memeriksa tugas online mahasiswa. (5) klik centang pada file submissions agar mahasiswa dapat mengirim file tugas online. ((6) pilih satu untuk menginjinkan mahasiswa hanya mengirim 1 file saja. (7) pilih berapa batas ukuran file yang dikirim, bisa 5 MB atau biarkan default. (8) biarkan kosong agar mahasiswa dapat mengirim berbagai jenis ekstensi file, sperti pdf, word, ataupun ppt.

  7. Setelah itu, pada bagian selanjutnya, dosen bisa mengisi ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan dosen masing-masing.
  8. Setelah semua diisi, silakan klik save and return to couerse.
  9. Jangan lupa menonaktifkan fitur editing dengan klik turn editing off

  10. Demikian proses pembuatan tugas online. Pada tanggal 1 Agustus, tombol add assignment akan muncul dihalaman matakuliah mahasiswa dan mahasiswa bisa mulai mengumpulkan tugas secara online.
  11. Terima kasih.

Comments