Membuat Daftar Hadir Online di E-Learning Moodle

Berikut ini akan dijelaskan cara memanfaatkan plugin Attendance untuk membuat Daftar Hadir Online. Silakan klik pada gambar untuk melihat dalam ukuran besar. Video tutorial, terletak paling bawah.


  1. Kunjungi alamat e-learning STP Reinha di alamat http://stpreinha.ac.id/
  2. Masukan username dan password user dosen. Yang mempunyai hak menambah materi mata kuliah adalah dosen. Jika merasa kesulitan bisa menghubungi admin. 
  3. Setelah masuk ke halaman dasbor, pilih mata kuliah yang ingin ditambahkan materinya. Misalnya kita memilih mata kuliah Pengantar Pastoral. Pada bagian kanan atas, klik tanda gir dan pilih turn editing on.
  4. Setelah itu, klik add an activity or resource. Pilih Attendance dan klik add

  5. Pada halaman berikut, berilah nama, keterangan dan jangan lupa memberi centang pada kotak display description on course page agar bisa terlihat oleh mahasiswa.

  6. Setelah itu silakan klik save and display

  7. Langkah selanjutkan klik pada menu add session. Pada bagian ini isikan kapan matakuliah tersebut dimulai. Atur tanggal, jam, berikan deskripsi jika perlu dan berilah tanda centang pada kolom create calender event for session agar penganturan daftar hadir ini bisa muncul di kalender mahasiswa.

  8. Pada submenu multiple sessions, aturlah berapa kali matakuliah ini akan berlangsung. caranya, silakan centang kotak repeat the session above as follows. Karena dibagian atas kita mencantumkan tanggal 3 Agustus 2020 yang jatuh pada hari senin, maka diasumsikan matakuliah ini akan berlangsung setiap minggu pada hari senin selama 14 kali pertemuan. Maka kita akan centang pada hari senin, repeat every (pilih 1 week) karena diulang setiap minggu. Dan repeat until, kita atur tanggal pertemuan terakhir matakuliah tersebut. Misalnya kita pilih pada tanggal 30 November 2020. Setelah itu klik add.

  9. Dari daftar hadir yang dibuat ternyata ada 18 pertemuan. Pada halaman ini kita bisa menghapus daftar hadir yang tidak diperlukan, misalnya karena pertemuan jatuh pada hari libur. Cara menghapusnya dengan klik simbol tempat sampah pada tanggal yang diingin dihapus.

  10. Setelah itu, pada saat kuliah akan dimulai pada setiap tanggal yang sudah diatur, daftar hadir akan aktif dan bisa diisi oleh mahasiswa. 

  11. Mahasiswa harus memberi centang pada pilihan paling kiri. Pada gambar muncul simbol P=present, Late=terlambat, E=diartikan dalam konteks tertentu seperti izin, A=alpa. Jika mahasiswa mahasiswa mengambil daftar hadir online lewat dari 15 menit maka kotak P (present) akan hilang dan tertinggal L, E, A. 

  12. Setelah mahasiswa memberi centang, ia harus klik simpan perubahan agar daftar hadirnya muncul di daftar hadir dosen. Di halaman mahasiswa yang sudah mengambil daftar hadir akan muncul seperti gambar di bawah ini

  13. Setelah itu dosen dapat mengecek daftar hadir mahasiswa dengan cara klik pada menu session dan klik pada tanda panah hijau ditanggal berlangsungnya kuliah. 

  14. Pada halaman ini dosen akan melihat tanda yang diberikan mahasiswa secara online. Dosen dapat memberi koreksi dengan mencentang kolom A (alpa) jika ternyata mahasiswa tidak ada di kelas tetapi mengambil daftar hadir online. Setelah memberi koreksi dosen harus klik save attendance agar perubahannya dapat tersimpan.

  15. Pada langkah 19, dosen dapat membuat pengaturan status set. Untuk bagian ini dapat dibuat pengaturannya pada menu status set seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

  16. Pada kolom points, dosen mengisi point tertinggi 1 dan terendah 0. Pada kolom waktu (minutes) dosen mengatur waktu. P=hadir diberi toleransi waktu 15 menit, terlambat 20 menit dann seterusnya. Halaman di atas merupakan pengaturan default admin tetapi dosen bisa merubah pengaturan di atas berdasarkan kontrak kuliah bersama mahasiswa. Setelah merubah pengaturan, dosen harus klik update. 

Video Tutorial

Comments